Buat kamu yang belum tahu, Kredivo adalah fintech kredit digital dan pinjaman dana cepat yang dapat digunakan di 250 lebih merchant, baik online maupun offline. Jadi sekarang, kalo kamu mau transaksi kredit di berbagai merchant, nggak perlu lagi punya kartu kredit. Cukup daftar dan punya akun Kredivo, kamu udah bisa punya akses transaksi ke merchant populer kayak Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan masih banyak lagi.

Kredit online mungkin udah biasa. Tapi, gimana kalo kamu punya satu akses kredit yang bisa dipakai buat kredit plus pinjaman dana cepat sekaligus? Inilah salah satu keuntungannya kalau kamu terdaftar sebagai pengguna atau nasabah Kredivo. Beda sama kartu kredit, yang mana gesek tunai atau tarik tunai limit bersifat ilegal, pinjam dana cepat di Kredivo dengan cara mencairkan limit lewat fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo adalah hal yang legal. Udah gitu, bunganya rendah banget!

Kenapa saya bisa tahu? Karena saya udah jadi pengguna dan nyobain sendiri fitur di Kredivo sejak akhir tahun 2018. Nah, baru-baru ini, bukan cuma kredit barang, beli pulsa, token listrik, atau beli paket data aja pakai Kredivo, tapi saya juga nyobain fitur pinjaman tunainya yang kabarnya bisa cair cuma dalam waktu sehari.

Bener nggak, tuh? Jawabannya: iya, bener. Maka dari itu, saya mau berbagi pengalaman ini ke teman-teman semua yang saat ini lagi cari rekomendasi pinjaman dana cepat terpercaya, aman, dan nggak tipu-tipu.

Kenapa saya tertarik nyobain fitur Kredivo yang satu ini? Seperti yang kita semua pasti pernah alami: saya punya kebutuhan mendesak dan tabungan yang saya punya nggak cukup untuk menutup kebutuhan tsb. Karena udah lama jadi pengguna Kredivo dan nggak pernah ada masalah, makanya saya berani coba. Pertimbangan lain yang bikin saya yakin coba adalah pilihan tenor dari Kredivo untuk pinjaman tunai cukup beragam. Ada yang maksimal 30 hari buat jenis pinjaman mini, ada juga yang 3 bulan atau 6 bulan buat jenis pinjaman jumbo.

Dari pengalaman itu, kesimpulan saya Kredivo cukup bisa diandalkan buat kondisi darurat karena:

Nggak perlu keluar rumah, cukup pakai HP

Nggak perlu ngerasa nggak enak atau takut dapat cibiran karena pinjam ke teman atau keluarga. Pinjam dana darurat di Kredivo semudah buka aplikasi, kemudian ajukan lewat fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo secara langsung. Tapi, pastikan juga kalo kita punya limit yang cukup buat ajuin pinjaman. Mulai dari pengajuan sampai pencairan semua prosesnya dilakukan dan bakal diinformasikan statusnya lewat aplikasi Kredivo. Jadi, stay tuned aja.

Pengajuan gampang, kurang dari 10 menit

Yang satu ini berlaku kalo kamu udah punya akun Kredivo ya. Buat ngajuin pinjaman, kita tinggal masuk ke menu dasbor aplikasi Kredivo. Pilih salah satu dari fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo. Bedanya apa? Kalo yang mini, minimum pengajuan pinjamannya 500 ribu dengan tempo pengembalian maksimal 30 hari aja. Tapi kalo yang jumbo, minimum pengajuan pinjamannya 1 juta ke atas dan kita dikasih opsi tenor 3 bulan atau 6 bulan.

Kalo udah klik salah satu fitur, kita bakal diminta untuk isi jumlah pinjaman yang ingin diajukan, tujuannya apa, tenornya mau yang mana, plus masukin nomor rekening atas nama pribadi. Sebelum pengajuan pinjaman dikirim, kita juga bakal dikasih simulasi pinjaman mulai dari bunganya berapa, potongan biaya adminnya berapa, sampai jumlah uang yang akan diterima (kalau pinjaman disetujui). Nggak sampai 10 menit untuk mengisi form tersebut sampai klik send atau kirim pengajuan.

Lain cerita kalau kamu belum punya akun Kredivo sama sekali. Maka kamu wajib daftar lebih dulu. Download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store, terus daftar dengan memilih salah satu akun: Akun Basic atau Akun Premium. Saran saya, kalo mau dapat limit lebih besar, pilih daftar langsung sebagai akun Premium karena limitnya maksimal bisa sampai Rp 30 juta. Nggak cuma itu, pinjaman dana cepat dari Kredivo juga cuma berlaku atau dibuka bagi pengguna Premium. Jadi, kalau tujuannya mau pinjam dana, daftar sebagai akun Premium sifatnya mutlak, ya.

Batas pinjaman disesuaikan dengan limit yang dimiliki

Salah satu yang jadi daya tarik dari Kredivo di fitur pinjaman: kita bisa pinjam maksimal sesuai dengan limit untuk tenor 6 bulan. Misalnya saya, limit yang saya punya buat tenor 6 bulan ada Rp 15 jutaan. Otomatis artinya, saya bisa pinjam dana maksimal sampai Rp 15 juta dengan waktu cicilan sampai 6 bulan di Kredivo. Memang menggiurkan, tapi hati-hati juga, kalau nggak perlu-perlu amat lebih baik jangan. Sebab, maksimal tenornya cuma sampai 6 bulan. Kalo pinjam dana terlalu banyak, maka angsuran per bulannya otomatis juga banyak. Kalo kamu siap & sanggup ya nggak apa-apa, silakan. 🙂

Pinjaman bisa cair dalam waktu kurang dari 1 x 24 jam

Pengalaman saya pribadi pakai pinjaman jumbo di Kredivo, proses persetujuan pinjaman dan pencairan berlangsung kurang dari 1 x 24 jam. Padahal, di lama FAQ Kredivo dinyatakan bahwa pinjaman bakal cair ke rekening dalam waktu minimal 1 x 24 jam di hari kerja. Buat saya, ini salah satu keunggulan dari Kredivo. Kalo misalnya kita perlu uangnya cepat misalnya buat nebus obat, wara-wiri ke rumah sakit, dan hal lain yang super darurat, uang pinjaman bisa cepat ada di tangan.

Suku bunga & biaya admin yang bersahabat

Kalo biasanya fintech membebankan suku bunga harian, lain cerita dengan Kredivo. Dengan suku bunga flat 2,95% per bulan dan biaya admin 6% (jujur buat saya biaya adminnya lumayan sih hehehe) dari jumlah pinjaman (dipotong di awal), buat saya udah sangat sangat membantu untuk ukuran pinjaman dana cepat. Di tempat atau lembaga lain, mungkin kalo pinjaman secepat ini suku bunganya bakal tinggi karena nggak ada jaminan apapun: yang artinya pinjaman yang kita ajukan termasuk berisiko tinggi.

Semoga review dari pengalaman saya pakai fitur pinjaman dana cepat di Kredivo ini bisa bermanfaat ya. Atau, ada yang punya pengalaman serupa? Share, yuk! 🙂