Jadwal Imunisasi BayiImunisasi merupakan sebuah tindakan yang memberikan sebuah perlindungan atau kekebalan untuk  tubuh bayi dan juga Anak. Imunisasi tersbut dilakukan dengn tujuan  untuk mencegah terjangkitnya penyakit-penyakit menular yang bisa sangat berbahaya untuk bayi dan juga anak. Adapun beberapa penyakit tersebut yang bisa dicegah dengan tindakan Imunisasi ialah  Rubella, Difteri, Hepatitis, Penyakit TBC (Tuberkulosis), Tetanus,  Mump, Pertusis (batuk 100 hari),  Poliomielitis, Campak,  Tifus dan lain sebagainya.

Jenis Dan Jadwal Imunisasi Bayi

Untuk bisa mengetahui jadwal imunisasi bayi dan juga jenis imunisasi yang harus di lakukan kita bisa melihatnya berdasarkan Permenkes No. 12 Tahun 2017. Pada Permenkes tersebut sudah di jelaskan bahwa bayi yang berusia di bawah satu tahun wajib di imunisasi. Dalam hal ini pemerintah memberikan secara gratis imunisasi pada bayi. Lembaga yang memberikan imunisasi gratis pada bayi di antaranya adalah seperti Posyandu, Puskesmas, maupun rumah sakit daerah. Berikut adalah jenis dan jadwal imunisasi bayi yang selenggarakan oleh lembaga-lembaga tersebut.

Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B ialah sebuah infeksi yang bisa menular, penyakit ini bisa menyerang hati (liver) dan dalam kondisi yang sudah kronis penyakit tersebut mampu menimbulkan kanker hati atau sirosis. Oleh sebab itu Vaksin hepatitis B sangat penting di lakukan untuk bayi yang baru lahir, vaksin tersebut harus di berikan paling lambat 12 jam setelah kelahiran bayi. Akan tetapi sebelum bayi di berikan vaksin tersebut, bayi harus sudah mendapatkan vitamin K1 terlebih dulu 30 menit sebelum di vaksin.

Pemberian vaksin tersebut juga bertujuan untuk mencegah penularan penyakit hepatitis B dari ibu ke anak, karena dalam beberapa kasus ada banyak sekali ibu yang tidak menyadari bahwa mereka terjangkit oleh penyakit hepatitis B.

Vaksin Polio

Polio ialah infeksi sebuah virus yang bisa menular, virus tersebut akan menyerang sistem saraf pusat pada otak. Bila terjangkit Polio akan menyebabkan badan yang terinfeksi akan mengalami. Sebagian orang menyebut penyakit ini dengan sebutan penyakit lumpuh layu. Pada kondisi yang lebih parah bila terjangkit penyakit ini, akan menimbulkan terganggunya pernapasan dan juga proses menelan sehingga bisa berakibat fatal jika tidak segera diobati. Untuk jadwal imunisasi bayi bisa di berikan Vaksin polio pada bayi sebelum genap satu tahun. Terdpat empat tahap dalam memberikan imunisasi tersebut yang pertama pas bayi baru lahir, kedua usai bayi 2 bulan, ke tiga usia bayi 4 bulan dan terakhir usia bayi 6 bulan.

Vaksin BCG

Vaksin BCG dilakukan pada bayi untuk mencegah penyakit tuberkulosis (TBC). TBC ialah sebuah penyakit yang bisa menular dan juga sangat berbahaya yang akan menyerang saluran pernapasan. Bila penyakit tersebut tidak segera di obati maka bisa akan menyebar ke berbagai bagian badan bayi. Jadwal imunisasi bayi untuk mencegah terjangkitnya penyakit TBC bisa di lakukan hanya satu kali yakni sebelum bayi berusia 3 bulan.

Itulah tadi beberapa jadwal imunisasi bayi yang bisa anda lakukan bila anda mempunyai anak. Pastinya kita sebagai orang tua menginginkan anak kita tumbuh dengan sempurna dan juga selalu sehat. Maka dari itu mencegah lebih baik dari pada mengobati. Semua yang di lakukan di atas hanya sebatas mencegah supaya bayi yang baru lahir bisa tumbuh dengan sehat, jangan sampai terjangkit sebuah penyakit yang akan mengganggu kesehatan si kecil.