Dokter Spesialis Urologi di Jakarta Barat merupakan dokter yang memiliki keahlian dalam menangani dan mendiagnosis gangguan pada organ saluran kemih, dengan memberikan resep obat maupun prosedur operasi untuk penderitanya. Spesialis untuk urologi terdiri dari beberapa subspesialisasi sesuai dengan penyakit yang ditangani. Infertilitas pada pria merupakan dokter yang dapat menangani masalah kesehatan organ dan kesuburan untuk pria, urologi wanita merupakan spesialis khusus penanganan untuk saluran kemih wanita, urologi pediatrik yang difokuskan untuk masalah saluran kemih anak-anak. Selain itu, terdapat spesialis neurourologi yang memiliki fokus untuk menangani saluran kemih yang disebabkan oleh sistem saraf.

Berikut adalah jenis penyakit urologi yang dapat terjadi pada manusia terutama pria diantaranya:

  • Infeksi saluran kencing dapat dialami oleh wanita dalam kasus yang cukup sering dan rentan terhadap pria yang telah berusia 40 tahun. Hal ini terjadi bila bakteri masuk pada uretra, gejala yang ditimbulkan adalah rasa sakit ketika sedang buang air kecil, muntah, mual, demam, inkontinensia urine maupun menggigil sehingga perlu segera mendapatkan perawatan dari dokter.
  • Masalah kesuburan dapat mengancam pria yang telah memasuki usia 40 tahun keatas, hal ini biasanya terjadi ketika terjadi pembesaran pada pembuluh vena bagian bawah penis hal ini mengakibatkan saluran reproduksi mengalami kerusakan dan membuat kesehatan sperma menjadi terganggu, penyakit ini adalah yang paling sering dialami pria.

Selain itu, penyakit lainnya adalah pembersaran prostat yang juga akan menyerang pria ketika berusia 40 tahun akan mengalami hal ini. Akibatnya menjadi sulit untuk melakukan buang air kecil dan membuat penderitanya bolak-balik kamar mandi pada siang maupun malam hari. Ketika mengalami pembesaran prostat biasanya dokter akan merekomendasikan obat untuk dapat menyusutkan prostat maupun meredakan gejala yang terjadi. Beberapa kasus, dokter menganjurkan untuk melakukan pengangkatan pada bagian prostat yang membuat masalah dan penyebab parahnya penyakit.

Disfungsi ereksi dapat dialami oleh pria yang sudah berusia 40 hingga 50 tahun dan jika mengalami masalah maka segera konsultasikan. Dokter akan melakukan pengukuran kadar pada hormon seks tubuh, jika testosteron memiliki nilai rendah maka dokter akan memberikan resep untuk obat pengganti testosteron untuk dapat membantu pengaliran darah ke penis. Kanker prostat biasanya dialami oleh pria berusia 40 tahun dengan melakukan pengukuran kadar PSA. Jika PSA memiliki nilai 0,7 atau rendah maka memiliki resiko rendah dan jika lebih dari 1 maka memiliki resiko yang tinggi sehingga perlu melakukan sceening berkala.

Berikut adalah beberapa makanan yang perlu dihindari oleh penderita yang menderita urologi diantaranya:

  • Kafein merupakan minuman yang akan membuat kantung kemih teriritasi dan membuat gejala ISK menjadi parah.
  • Jeruk yang memiliki asam dan bakteri akan membuatnya semakin meningkat.
  • Makanan pedas akan memudahkan bakteri berkembang dalam tubuh.
  • Mengurangi untuk mengonsumsi protein hewani dapat membuat kadar asam dalam tubuh menjadi meningkat.
  • Tepung terigu karena memiliki banyak gula penyebab bakteri.

Dokter Spesialis Urologi di Jakarta Barat akan merekomendasikan beberapa operasi untuk penderita seperti sistektomi yaitu pengangkatan kandung kemih, prostatektomi merupakan penanganan sebagian organ kelenjar prostat. Selain itu dapat melakukan fungsi kandung kemih dengan menggunakan kateter khusus, melakukan prosedur untuk membuka sumbatan pada organ kandung kemih dan memperbaiki kandung kemih yang tidak mengalami perkembangan. Segera konsultasi ke dokter jika volume urine menjadi sedikit, benjolan pada organ testis, nyeri pada perut bawah dan saat buang air.