Kulkas semakin dibutuhkan karena sangat berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman yang tahan lama. Agar tetap berfungsi baik, kulkas perlu dirawat dengan benar. Perawatan yang tepat juga dibutuhkan agar tetap bersih dan hemat energi. Bujet pembelian kulkas, termasuk harga kulkas SHARP bisa sebanding dengan manfaat kulkas jika perawatannya benar.

  1. Menutup Rapat Pintu Kulkas

Cara pertama ini sangat simpel, namun manfaatnya besar. Tidak jarang pengguna justru membiarkan pintu kulkas tertutup sendiri. Hal ini untuk menjaga suhu udara di dalam kulkas agar tetap dingin dan tidak terkontaminasi oleh udara luar yang lebih hangat dalam waktu lama.

Apabila pintu kulkas tidak tertutup rapat, udara di dalamnya akan bercampur dengan udara luar dan membuatnya tidak dingin lagi. Kondisi makanan dan minuman yang tersimpan di dalam kulkas jadi tidak begitu segar.

  1. Memberi Ruang antara Kulkas dan Dinding

Penempatan kulkas juga termasuk bagian perawatan yang penting. Pastikan bahwa terdapat ruang antara kulkas dan dinding minimal 15-20 cm. Tujuannya agar panas dari kondensor dapat keluar bebas dan tidak menyebabkan panas berlebih di area kondensor. Hal ini akan membuat kulkas lebih tahan lama.

  1. Membersihkan Kulkas dengan Air

Membersihkan kulkas sudah sebaiknya harus dilakukan demi fungsi kulkas yang optimal. Makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya juga akan tetap fresh apabila kulkasnya selalu bersih.

Anda harus membersihkan kulkas secara rutin dengan air yang dicampur sabun antiseptik agar dapat menghilangkan noda berkarat serta menghilangkan bau di kulkas. Setelah itu, gunakan bahan lembut seperti spons untuk membersihkannya sampai kulkas benar-benar terbebas dari noda kerak dan minyak.

  1. Membersihkan Freezer

Selain membersihka bagian fridge dan pintu kulkas, Anda juga harus secara khusus membersihkan freezer. Meskipun jarang kotor karena memang digunakan untuk menyimpan es atau minuman beku, freezer tetap perlu dibersihkan agar kulkas berfungsi optimal dan tahan lama.

Bersihkanlah bagian freezer yang mengeras agar suhu kulkas terjaga. Meskipun demikian, janganlah mengikis bunga es di freezer menggunakan pisau karena bisa merusak bagian pelapisnya yang menyebabkan pada kebocoran kulkas dan bisa mempercepat kerusakannya.

  1. Membersihkan Kondensor

Anda juga perlu membersihkan kondensor yang posisinya berada di belakang kulkas. Bersihkan secara rutin dari debu dan kotoran agar kondensor bekerja stabil dalam proses pembuangan hawa panas. Debu dan kotoran tersebut tidak akan menghalangi.

  1. Mengatur Suhu Kulkas

Mengatur suhu kulkas juga perlu dilakukan sesuai jenis makanan dan minuman yang disimpan. Bahkan, saat ini sudah tersedia kulkas dengan frex room yaitu ruang penyimpanan dengan sistem pengaturan suhu sesuai produk yang disimpan. Salah satu produknya adalah kulkas keluaran SHARP. Harga kulkas SHARP mini sampai side by side akan sesuai dengan spesifikasinya.

  1. Mengisi Kulkas Sesuai Kapasitas

Setiap kulkas pasti mempunyai kapasitas yang berbeda. Sejak pembeliannya, seharusnya Anda sudah memikirkan tentang kapasitasnya agar sesuai kebutuhan. Dalam praktiknya, isilah kulkas sesuai kapasitasnya saja.

Jangan mengisinya berlebihan karena nanti suhu di dalam kulkas tidak merata. Beban kulkas juga menjadi berlebihan dan membuat kulkas tidak tahan lama dan bisa rusak. Tak hanya itu, pintu kulkas yang dipaksa menutup akibat kelebihan muatan akan membuatnya rusak.

  1. Jangan Menyimpan Makanan atau Minuman Panas

Suhu yang tidak stabil akan memicu kerusakan lemari es. Pintu lemari es yang tidak menutup rapat saja bisa memengaruhi fungsi kulkas, lalu bagaimana dengan suhu panas dari makanan dan minuman?

Hindari menyimpan makanan dan minuman panas di dalam kulkas karena jika suhu panas bertemu dengan suhu dingin akan memengaruhi fungsi kulkas, kestabilan suhu di dalam kulkas, dan kualitas makanan dan minuman itu sendiri. Perubahan suhu yang drastis akan membuat makanan dan minuman cepat basi.

  1. Jangan Membuka Pintu Kulkas saat Listrik Padam

Kulkas dapat menjaga kestabilan suhunya dalam 24 jam saat listrik padam. Oleh karena itu, jangan buka lemari es ketika listrik padam karena bercampurnya udara luar dengan udara dingin di dalam lemari es akan merusak kestabilan suhu. Hal ini dapat merusak kondisi makanan dan minuman di dalamnya.

Demikianlah berbagai cara tepat merawat lemari es. Anda wajib menerapkannya agar kulkas dapat berfungsi optimal, tahan lama, dan hemat energi. Agar bisa sesuai kebutuhan, pilihlah produk berkualitas yang sesuai kebutuhan. kulkas SHARP adalah contohnya. Harga kulkas SHARP juga bervariasi.