Apa itu karang gigi?

Cara membersihkan karang gigi Karang gigi adalah masalah gigi yang di derita oleh banyak orang. Karang gigi terbentuk karena adanya penumpukan yang di hasilkan dari endapan sisa makanan yang mengandung bakteri. Akan tetapi, seberapa cepat karang gigi terbentuk berbeda-beda di setiap orang, tergantung pada kadar pH air liur yang dimiliki. Karang gigi biasanya terbentuk di daerah gusi. Berikut cara menghilangkan karang gigi yang benar dan efektif

Cara Menghilangkan Karang Gigi

Biji Asam Kawak

Biji asam kawak mungkin belum banyak dilakukan oleh semua orang. Padahal, biji asam kawak memiliki efektifitas yang sangat tinggi dalam membantu membersihkan karang pada gigi. Kunyah biji asam kawak sampai melumat jangan di telan melainkan di gosok pada gigi anda.

Jus Lemon

Jus lemon juga dipercaya ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Dikarenakan jus lemon mengandung asam pada jeruk lemon yang mampu menghancurkan bakteri dan memutihkan gigi. Celupkan sikat gigi anda pada jus lemon setelah itu sikat gigi secara perlahan dan biarkan kurang lebih 1 menit.

Flossing

Flossing ialah sebuah cara untuk menghilangkan karang gigi dengan menggunakan benang sebagai alat yang digunakan. Benang yang gunakan adalah benang khusus yang akan membantu proses pembersihan karang menjadi lebih mudah.

Stroberi

Buah stroberi juga mampu membersihkan karang gigi karena mengandung vitamin C, yang mana vitamin ini dinilai efektif menghilangkan karang gigi. Jadi anda harus rajin-rajin mengonsumsi buah berwarna merah ini untuk mempercepat proses pembersihan karang gigi.

Cengkeh

Cengkeh sudah lama dikenal sebagai obat sakit gigi. Manfaat cengkeh bukan hanya untuk sakit gigi saja tetapi karang gigi pun bisa di hilangkan. Caranya tumbuk cengkeh sampai berbentuk serbuk, kemudian oleskan pada gigi yang memiliki karang. Tetapi kalau anda tidak sungkan kunyah cengkeh dengan teratur itu juga bisa membersihkan karang gigi dan bau mulut.

Efek samping yang di sebabkan karang gigi untuk kesehatan gigi dan mulut

Karang gigi memiliki sejumlah efek samping negatif yang bisa mengganggu kehidupan anda, terutama dengan kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini efek samping karang gigi yang perlu anda ketahui.

Radang gusi

gigi yang kotor dan berkarang juga sangat rentan terinfeksi bukan tak mungkin gusi anda akan berdarah dan timbul nanah.

Gigi berlubang

Jika gigi berlubang dibiarkan bisa merusak lapisan email gigiĀ  karena karang gigi memproduksi asam yang menyebabkan gigi berlubang atau keropos.

Bau mulut

Sisa makanan yang tidak segera di bersihkan lama kelamaan akan menjadi sarang bakteri itu yang membuat bau mulut. Penumpukan sisa makanan tersebut akan menyebabkan terjadinya karang gigi.

Cara mencegah karang gigi

Sebelum gigi anda berkarang, lakukan pencegahan dengan cara berikut ini.

Berhenti merokok

Dikarenakan rokok mengandung zat kimia yang memang bisa gigi menjadi berkarang dan juga berkontribusi terhadap munculnya karang gigi. Jadi hindari kebiasaan merokok agar gigi anda bebas dari karang.

Sikat gigi secara teratur

Karang gigi disebabkan oleh tumpukan makanan yang tidak di bersihkan cukup lama.

maka rajinlah menyikat gigi anda minimal 2 kali sehari pagi dan malam

Hindari makanan yang bergula

Bakteri sangat suka dengan makanan yang mengandung kadar gula tinggi. Jadi anda jangan sering mengonsumsi makanan-makanan manis seperti permen dan cokelat.

Perawatan Gigi Secara Teratur, kunci utama gigi sehat bebas karang

Selain menerapkan cara menghilangkan karang gigi di atas. Hal yang paling penting adalah meningkatkan rasa kepedulian anda terhadap kesehatan gigi anda.