Ada berbagai gangguan kesehatan yang rentan menyerang tubuh manusia, terlebih lagi jika sistem kekebalan tubuh sedang tidak baik, maka berbagai jenis kuman dan bakteri lebih mudah menginfeksi dengan cepat. Seperti salah satunya penyakit kulit herpes yang disebabkan akibat adanya infeksi pada permukaan kulit yang diakibatkan oleh virus herpes. Perlu Anda ketahui, apa itu herpes yang dapat menyerang tubuh manusia terbagi menjadi delapan jenis, namun HSV-1 atau yang dalam dunia medis disebut herpes oral serta HSV-2 atau herpes genital merupakan dua jenis virus yang paling banyak menyebabkan seseorang terinfeksi penyakit herpes.

Herpes merupakan gangguan kesehatan umum yang dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Penyakit yang satu ini umumnya juga akan dialami minimal satu kali dalam riwayat hidup seseorang sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami gangguan kesehatan yang satu ini. Pada beberapa kasus, gejala awal penyakit herpes dapat ditandai dengan adanya lepuhan merah disekitar kulit yang didalamnya berisi air, atau lecet maupun luka yang terjadi pada bagian kelamin area luar. Akan tetapi, terkadang herpes juga tidak menunjukan gejala apapun dan baru akan terasa muncul ketika selang waktu berbulan-bulan atau bahkan tahunan.

Meskipun tidak termasuk penyakit kronis yang berbahaya, akan tetapi penyakit herpes yang tidak kunjung sembuh dinilai sangat mengganggu kenyamanan sehingga dapat berpengaruh pada kualitas hidup seseorang. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda melakukan pencegahan sedini mungkin agar dapat terhindar dari gangguan virus herpes, antara lain:

  1. Karena virus herpes memiliki sifat mudah menular, maka sebaiknya Anda menghindari semua jenis kontak fisik sementara waktu dengan orang yang terjangkit virus tersebut sampai benar-benar dinyatakan sembuh.
  2. Berikutnya, karena penyakit yang satu ini umumnya terjadi di area kelamin, maka sebaiknya Anda juga tidak melakukan hubungan intim dengan pasangan jika kondisinya sedang terkena penyakit herpes.
  3. Kemudian, langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kesehatan dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta cukupi kebutuhan vitamin yang dibutuhkan tubuh.
  4. Melakukan pemeriksaan medis atau medical checkup secara rutin juga dapat menjadi langkah antisipasi terbaik menghindari virus herpes menginfeksi tubuh Anda.
  5. Selanjutnya cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit herpes yaitu dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan maupun diri seperti dengan rajin mencuci tangan dan mandi secara teratur.

Penyakit herpes dapat dialami oleh siapa saja, namun ada berbagai faktor yang dapat memperbesar kemungkinan seseorang terkena penyakit tersebut seperti berusia di atas 50 tahun, sedang mengalami penyakit yang membuat sistem imunitas melemah seperti kanker atau HIV AIDS serta pasein yang sedang konsumsi obat tertentu. Umumnya langkah pengobatan yang paling sering diberikan oleh dokter pada pasien yang menderita gangguan herpes adalah dengan memberikan obat antivirus atau jenis obat antiradang, jenis obat tersebut biasanya berbentuk krim oles sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya.

Selain menggunakan resep obat dokter untuk menyembuhkan herpes, Anda juga dapat melakukan pengobatan sendiri agar cepat sembuh dari apa itu herpes, caranya adalah mandi menggunakan air hangat yang didalamnya telah dicampuri garam secukupnya. Menggunakan pakaian longgar serta mengompres area yang terkena infeksi menggunakan es batu yang telah dibalut dengan kain lembut juga dapat menjadi upaya penanganan tepat. Para penderita penyakit herpes biasanya juga akan disarankan untuk mengurangi semua jenis aktifitas di luar rumah dan memastikan istirahat yang cukup.