5 Cara Mudah Tingkatkan Kekebalan Tubuh Lansia Agar Terhindar dari Virus Corona

  • Whatsapp
Virus Corona

Mencegah lebih baik daripada mengobati, pepatah yang satu ini hendaknya harus kita ikuti agar tidak sampai ikut terdampak pandemi virus Corona yang sedang ini menjadi masalah pelik bagi setiap negara. Tidak bisa dipungkiri memang jika seandainya penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus ini sangatlah berbahaya. Apalagi jika seandainya tidak terdeteksi sedini mungkin. Maka beresiko tinggi untuk menyebabkan kondisi yang lebih serius, mulai diantaranya adalah pneumonia sampai dengan gagal napas dan kematian.

Semua orang berpotensi untuk terpapar oleh virus tersebut. Hanya saja memang tidak semuanya akan mengalami atau merasakan kondisi yang parah sampai dengan kematian. Mengingat faktanya ada beberapa kalangan orang dengan kekebalan tubuh yang kuat. Dimana sistem imuns ini yang nantinya secara alami bisa melawan virus tersebut agar tidak menyebabkan masalah yang lebih parah. Berbeda halnya dengan orang-orang yang memiliki daya tahan atau sistem kekebalan yang lemah. Biasanya resiko untuk mengalami komplikasi juga jadi semakin tinggi.

Diantara kalangan tersebut adalah lansia, orang-orang yang sudah berusia di atas 60 tahun lebih rentan untuk terpapar oleh virus Corona, bahkan mengalami kondisi yang cukup serius. Untuk itu bagi para lansia dianjurkan untuk meningkatkan sistem imuns, agar nantinya tidak mudah terinfeksi oleh virus ini. Lalu bagaimana caranya? Berikut yang dapat dicoba, yaitu:

  1. Mencukupi kebutuhan istirahat, artinya sangat dianjurkan bagi Anda untuk tidur secara cukup, karena dengan istirahat secara cukup memungkinkan agar nantinya sistem kekebalan tubuh juga menjadi lebih kuat. Kebutuhan tidur lansia setidaknya adalah 7 hingga 8 jam sehari. Pastikan untuk mendapatkan kualitas tidur terbaik agar nantinya Anda juga bisa lebih nyenyak.
  2. Berikan asupan makanan yang bergizi, mengonsumsi makanan bergizi nyatanya juga termasuk dalam komponen penting untuk meningkatkan sistem imuns. Berikan makanan yang kaya akan kandungan protein, vitamin dan juga mineral, kurangi jumlah karbohidrat atau gula sehingga nantinya tubuh juga akan senantiasa sehat dan dapat melindungi dari infeksi virus ini.
  3. Kelola stres dengan baik, bagi para lansia tidak dianjurkan memiliki beban pikiran yang terlalu berat. Karena hal ini nantinya hanya akan memicu stres, ketika sudah mengalami stres, secara otomatis akan membuat daya tahan tubuh juga mengalami penurunan. Itulah mengapa para anak mereka juga memiliki kontribusi penting di dalam menjaga orang tuanya agar tidak sampai stres.
  4. Olahraga, aktivitas fisik menjadi salah satu kunci untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar dan pastinya juga untuk tingkatkan sistem imuns. Tak harus olahraga yang berat, apalagi usia juga sudah tidak lagi mendukung, sehingga cukup melakukan jenis olahraga yang ringan-ringan saja layaknya yoga atau jalan kaki.
  5. Berikan multivitamin, jika perlu maka Anda juga dianjurkan untuk membentengi pertahanan diri dari penyakit dengan mengonsumsi multivitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ada banyak sekali produknya yang dijual di apotek yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Hanya saja untuk konsumsinya juga harus diperhatikan, jangan berlebih dan sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika seandainya Anda memiliki riwayat penyakit lainnya, konsultasi dengan dokter lebih mudah bisa secara online lewat aplikasi Halodoc.

Coba terapkan 5 langkah di atas untuk tingkatkan sistem imuns lansia agar bisa terhindar dari virus Corona yang tengah mewabah saat ini, lindungi orang-orang tercinta di sekitar Anda.

Related posts